Kamis, 30 Mei 2013

STUDI KASUS MEMORI


Kasus 1:
Pada tanggal 14 Maret 2013, saya membelikan hadiah untuk teman saya yang akan berulang tahun yang ke-18 esok harinya. Saya masih ingat saat itu saya membelikannya hadiah Al-quran terjemahan di depan Auditorium USU, kebetulan saat itu tengah ada bazar.
Penjelasan:
Kasus diatas merupakan contoh memori Episodic, dimana saya mengingat kejadian spesifik yang terjadi pada waktu dan tempat yang spesifik, yaitu membeli kado untuk teman saya pada tanggal 14 Maret  2013 di depan Auditorium USU.

Kasus 2:
Ketika masih duduk di bangku SMP, saya belajar mengendarai motor. Dan sampai saat ini saya masih dapat mengingat dengan jelas bagaimana cara mengendarai motor
Penjelasan:
kasus di atas merupakan contoh dari memori jangka panjang yaitu memori prosedural yaitu ingatan mengenai bagaimana mengendarai motor

Kasus 3:
Ketika masih duduk di kelas satu SD saya belajar bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang tergolong kedalam Negara Asia Tenggara. Ini merupakan suatu pengetahuan umum ynag masih saya ingat sampai saat ini.
Penjelasan:
Kasus di atas merupakan contoh dari slah satu jenis memori jangka panjang yaitu memori semantik, yaitu ingatan mengenai hal-hal yang merupakan pengetahuan umum seperti Indonesia merupakan bagian dari Negara- negara Asia Tenggara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar