Untuk meningkatkan keahlian mengoperasikan komputer
sekelompok guru SD diberi pelatihan skill komputer oleh pemerintah. Sesudah
beberapa bulan ingin diketahui apakah ada perbedaan keahlian mengoperasikan
komputer pada guru yang diberi pelatihan dan yang tidak mendapat pelatihan. α =
0,05 Berikut ini diberikan data nilai keahlian yang diperoleh dari dua kelompok
petani tersebut:
Guru yang mendapat pelatihan
|
Guru yang tidak mendapat pelatihan
|
||
No.
|
Nilai keahlian
|
No.
|
Nilai keahlian
|
1
|
60
|
1
|
75
|
2
|
70
|
2
|
65
|
3
|
85
|
3
|
80
|
4
|
50
|
4
|
40
|
5
|
60
|
||
6
|
55
|
Jawaban:
Guru yang mendapat pelatihan
|
Guru yang tidak mendapat pelatihan
|
||||
No.
|
Nilai keahlian
|
Rank
|
No.
|
Nilai keahlian
|
Rank
|
1
|
60
|
4,5
|
1
|
75
|
8
|
2
|
70
|
7
|
2
|
65
|
6
|
3
|
85
|
10
|
3
|
80
|
9
|
4
|
50
|
2
|
4
|
40
|
1
|
5
|
60
|
4,5
|
R1= 24
|
||
6
|
55
|
3
|
|||
R2= 31
|
Rumusan
masalah: Apakah ada perbedaan keahlian mengoperasikan komputer pada guru yang
diberi pelatihan dan yang tidak mendapat pelatihan?
H0
: Tidak ada perbedaan keahlian mengoperasikan komputer pada guru yang diberi pelatihan
dan yang tidak mendapat pelatihan
H1
: Guru yang diberi pelatihan lebih ahli dalam mengoperasikan komputer
dibandingkan guru yang tidak mendapat pelatihan
Perhitungan:
+ -
= 4 x 6 + – 24
= 24 + 10 – 24
= 10
U’ = n1n2-
U
= 4 x 6 - 10
= 14
Jadi U yang dipakai
yaitu 10
Berdasarkan tabel J, diperoleh p =
0,381
Kesimpulan
: Karena p(0,381) > α(0,05), maka Ho diterima. Ini berarti Tidak ada
perbedaan keahlian mengoperasikan komputer pada guru yang diberi pelatihan dan
yang tidak mendapat pelatihan
TANK YOU mksih ia
BalasHapusBagaimana cara menentukan R1 dan R2 ?
BalasHapus